5 Teknik Tepat dari Cara Negosiasi Bisnis Ala Steve Jobs

5 teknik tepat dari cara negosiasi bisnis ala steve jobs

Cara negosiasi bisnis Steve Jobs memang terkenal di kalangan para pebisnis, tidak hanya dikenal dalam dunia bisnis saja, nama yang satu ini bahkan dikenal pula dalam dunia teknologi.  Steve Jobs, sosok pria asal San Fransisco, Amerika Serikat ini mampu mengguncang dunia dengan berbagai macam karya serta inovasi yang telah dibuatnya. Selain berbagai macam benuk kecanggihan teknologi yang telah dihadirkannya, ia juga dikenal dengan caranya bernegosiasi dalam dunia bisnis. Hal ini tentu saja tidak lepas dengan potensi diri yang dimilikinya, sehingga ia dapat meraih kesuksesan dengan begitu cemerlang. Bagi anda yang ingin mengenali potensi diri dengan lebih baik cobalah untuk menyimak 5 cara mengenali potensi diri dengan tepat sebelum mengikuti 5 cara negosiasi ala Steve Jobs di bawah ini :

1. Selalu siap untuk walk out

5 teknik tepat dari cara negosiasi bisnis ala steve jobs
5 teknik tepat dari cara negosiasi bisnis ala steve jobs

Teknik negosiasi pertama yang diajarkan oleh Steve Jobs adalah ketersediaannya dalam melakukan walk out kapan pun ketika hal tersebut memang harus dilakukan. Tindakan seperti ini ditunjukkan oleh Steve Jobs dalam masalah negosiasi dari pembayaran e-books beberapa waktu lalu pada Harper Collins. Pada saat itu Jobs mengaku bahwa dirinya berani keluar jika salah satu persyaratan yang diinginkannya tidak dapat dipenuhi. Meskipun pada saat tersebut Jobs memang menginginkan buku tersebut, namun ia juga tidak ingin mengalami kerugian, itulah sebabnya ia membuat pernyataan yang tentunya dapat mengutungkan dirinya.

2. Penggunaan bukti-bukti yang valid
Ketika melakukan negosiasi, Jobs juga seringkali membawa beberapa data, termasuk file-file tertentu atau bahkan dokumen lainnya. Beberapa bagian tersebut ia kumpulkan sebagai bukti yang mampu mendukung pembuatan kesepakatan dengan lebih baik. Dengan kata lain, Jobs menggunakan beberapa dokumen seperti halnya bukti-bukti yang valid sebagai penunjang dari cara negosiasi bisnis yang dilakukannya dengan pihak lain. Dengan keberadaan bukti tersebut Jobs juga memiliki keyakinan tinggi, bahwa negosiasi yang dilakukan olehnya itu akan meraih kemenangan yang lebih menguntungkan,

3. Membiarkan mereka melakukan penawaran lebih dahulu
Dalam proses negosiasi tentu ada yang disebut dengan tahap penawaran. Dalam sesi yang satu ini Jobs seringkali menahan dirinya, bahkan ia terkesan jauh lebih diam. Hal ini dilakukannya agar pihak lawan yang tengah melakukan negosiasi merasa tidak nyaman. Karena dengan ketidak nyamanan tersebut umumnya mereka akan mulai bernegosiasi dengan dirinya sendiri, dan bahkan mulai bersedia untuk melakukan kompromi. Jika penawaran mulai muncul, maka saat itulah Jobs mulai melancarkan berbagai macam serangan balik pada pihak lawan, sehingga negosiasi pun akan jauh lebih munguntungkan dirinya.

4. Memberikan pilihan yang terbatas
Memberikan pilihan terbatas juga menjadi salah satu taktik negosiasi yang sering digunakan oleh Jobs. Hal ini dilakukannya dengan cara memberikan beberpa pilihan saja, yang mana tidak jarang dari pilihan tersebut juga menimbulkan rasa takut karena cenderung membahayakan posisi lawan. Strategi dalam negosiasi bisnis yang satu ini sangat ampuh untuk dilakukan. Karena dengan pilihan dari opsi yang ditawarkannya pun cukup menarik dan mampu membuat pihak lawan merasa bingung atau malah merasa takut melakukan pemilihan yang salah.

5. Menggunakan pendapat dari pihak lain
Untuk bagian yang satu ini merupakan bagian paling akhir yang bisa dilakukan dari cara negosiasi bisnis ala Steve Job. Hal ini dilakukan dengan mengutip atau bahkan menggunakan pendapat serta pernyataan dari pihak lainnya. Seperti halnya yang banyak dilakukan dalam proses negosiasi jual beli. Dengan melakukan hal yang satu ini umumnya pihak lawan akan mudah terpojok, sehingga dapat dengan mudah menerima apa yang anda minta atau inginkan.

Author: Kangdamar

Cool and Calm

Leave a Reply

Your email address will not be published.