7 Cara Menjadi Atasan yang Disukai Bawahan

cara menjadi atasan yang disukai bawahan

7 Cara Menjadi Atasan yang Disukai Bawahan

Perlu kita ketahui bahwa atasan dan pemimpin itu sangat berbeda, karena atasan lebih identik dengan jabatan sedangkan pemimpin identik dengan sidat atau jiwa. Tetapi seorang atasan yang baik harus berjiwa pemimpin. Namun tidak mudah untuk menjadi atasan yang disukai bawahannya. Denga jumlah bawahan yang cukup banyak, tentu akan membuat seorang atasan sering menemui dilema ketika mengambil sebuah keputusan. Jika Anda seorang atasan, sangat baik anda mencoba menyimak beberapa tips menjadi atasan yang baik ini.

10 Tips menjadi atasan yang berwibawa dan disukai bawahan :

  • Taat aturan

Dalam sebuah tim atau organisasi, pasti memiliki sebuah rule of the game atau aturan yang telah disepakati bersama. Seorang atasan yang baik, harus menjaga agar dirinya tetap mentaati turan dan tata tertib tersebut. Seorang atasan yang tidak taat cenderung akan diabaikan oleh bawahannya akibat ulahnya tersebut.

  • Tidak mendiskriminasi bawahan

Ini merupakan salah satu penyakit atasan yang sering terjadi. Tidak dapat dipungkiri jika atasan akan cenderung memiliki anak emas yang sering dia jadikan tangan kanannya. Anda harus mencoba menghindari hal ini karena sebagian besar bawahan anda tidak akan menyukai anda karena mereka semua bawahan mempunyai hak yang sama untuk dekat dengan anda. Anda tidak dapat membeda-bedakan bawahan anda kecuali dalam hal kinerja mereka.

  • Memotivasi bawahan

Cara Menjadi Atasan yang Disukai Bawahan yang ketiga adalah memotivasi bawahan. Pernahkah anda memarahi bawahan anda?pernah itulah jawaban anda. Yang dibutuhkan bawahan anda bukan amarah melainkan motivasi dari kesalahan yangtelah dibuatnya. Nada harus mencoba tetap memotivasi bawahan dengan cara yang bijak agar bawahan anda merasa anda perhatikan. Cobalah memberikan motivasi yang berhubungan dengan hidup dan filosofi kerja.

  • Memberi kepercayaan

Tidak semua atasan memahami bahwa setiap bawahan memerlukan sebuah kepercayaan dari atasannya. Cobalah untuk memberikan kesempatan bawahan untuk anda percaya akan sebuah tugas. Berilah kepercayaan mereka akan suatu taggung jawab yang akan membuat mereka merasa dihargai dalam organisasi anda.

  • Reward and punishment

Cobalah untuk menerapkan reward dan punishment dengan adil dan sesuai dengan porsinya. Cobalcara menjadi atasan yang disukai bawahanaha memberi penghargaan atas keberhasilan bawahan anda baik berupa pujian ataupun hadiah. Reward tersebut akan membuat bawahan anda menjadi bersemangat dalam bekerja dan berusaha memberikan yang terbaik dari dirinya untuk perusahaan atau organisasi. Selain pemberian reward, tindakan punishment juga diperlukan karena jangan sampai ada bawahan lain menilai anda tidak tegas atau menganak emaskan seseorang sehingga tidak mengeluarkan punishment untuk sebuah kesalahan.

  • Berwawasan luas

Seorang atasan wajib memiliki wawasan yang lebih luas dari bawahan, dengan begitu anda bisa menjadi tempat bertanya dan menyampaikan keluh kesah bawahan anda. Minimal anda harus benar-benar menguasai apa yang menjadi bidang anda.

  • Mengayomi bawahan

Sifat mengayomi atau melindungi bawahan itu merupakan wujud proteksi anda terhadap bawahan anda. Anda harus bisa melakukannya dalam kondisi apapun sekalipun bawahan anda melakukan kesalahan di pihak luar, anda harus bisa memproteksinya dari amukan atau serangan orag luar. Setelah urusan dengan pihak eksternal selesai, anda dapat menyelesaikan urusan internal.

Demikian 7 Cara Menjadi Atasan yang Disukai Bawahan yang bisa kami uraikan.semoga berhasil.

Author: Kangdamar

Cool and Calm

Leave a Reply

Your email address will not be published.