Cara Mengikuti Amnesti Pajak dengan Bijak

cara mengikuti amnesti pajak dengan bijak

Belakangan ini media informasi gencar memberitakan tentang amnesti pajak, namun belum semua kalangan mengetahui cara mengikuti amnesti pajak. Sebelum mengetahui cara mengikuti amnesti pajak yang benar, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu amnesti pajak.

Apa itu Tax Amnesty atau Amnesti Pajak?

Menurut pengertiannya, tax amnesti atau amnesti pajak adalah kebijakan berupa pengurangan atau pengampunan pajak terhadap properti yang dimiliki oleh perusahaan yang diatur dalam Undang-Undang Pengampunan Nasional. Pada dasarnya, amnesti pajak ini merupakan sebuah kebijakan dari pemerintah dalam bentuk pengampunan pajak, tujuannya adalah untuk meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia melalui pajak. Pengampunan pajak ini berkaitan dengan penghapusan pajak terutang, penghapusan sanksi pidana dalam bidang perpajakan dan penghapusan sanksi administrasi perpajakan. Objek yang dilaporkan dalam perpajakan ini berkaitan dengan aset yang berada di dalam negeri serta di luar negeri dengan penerapan aturan yang berbeda, yaitu 2% untuk aset di dalam negeri dan 4% untuk asset yang berada di luar negeri.

Cara Berpartisipasi Tax Amnesty

Tax amnesty atau amnesti pajak ini pada dasarnya berlaku untuk semua warga Negara Indonesia, dengan syarat telah memiliki NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak. Sedangkan untuk mendapatkan NPWP ini, yang bersangkutan bisa mengurusnya di kantor KPP (Kantor Pelayanan Pajak) dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan, seperti KTP.  Setelah semua persyaratan terpenuhi dan seseorang telah mendapatkan NPWP, maka berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan oleh seorang pemohon untuk dapat berpartisipasi dalam tax amnesty atau amnesti pajak.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh seorang pemohon adalah dengan datang langsung ke kantor pelayanan pajak atau KPP. Di kantor KPP, Anda bisa langsung menemui bagian help desk yang akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan amnesti pajak ini. Petugas akan menjelaskan langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk berpartisipasi dalam amnesti pajak ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir dan bingung lagi.
  2. Langkah yang kedua, Anda akan diminta untuk menyampaikan surat pernyataan yang berisi tentang harta yang Anda miliki untuk amnesti pajak, di mana data tentang harta yang Anda miliki ini harus Anda lampirkan sebagai bukti kepemilikan. Di kantor pelayanan pajak atau KPP sudah tersedia formulir yang bisa Anda isi atau Anda juga bisa mengajukannya secara online seperti saat Anda mengisi SPT.
  3. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk melampirkan persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan, seperti data NPWP, laporan SPT PPh tahun pajak terakhir, membayar utang tebusan dan melunasi seluruh tunggakan dari hutang yang Anda miliki.
  4. Catatan bagi pemohon yang sedang dalam masa pemeriksaan, maka harus melunasi pajak yang tidak atau kurang dibayar serta pajak yang seharusnya dikembalikan.

 

Keuntungan Amnesti Pajak

Pada dasarnya cara mengikuti amnesti pajak ini tidaklah sulit, namun ternyata masih ada beberapa kalangan yang enggan melakukannya. Padahal jika dilihat dari sudut pandang ekonomi, adanya amnesti pajak ini sangat menguntungkan bagi banyak pihak, seperti pemerintah, pengembang maupun investor.

Keuntungan bagi pemerintah dengan adanya amnesti pajak ini dapat menambah pendapatan Negara, karena dengan adanya amnesti pajak ini bisa menarik dana dari luar negeri untuk masuk ke dalam negeri. Sedangkan bagi pengembang, dengan adanya amnesti pajak ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, terutama dibidang properti. Dengan adanya amnesti pajak ini juga menguntungkan bagi para investor untuk lebih meningkatkan kegiatan investasi dalam bidang properti. Dengan demikian, tidak ada alasan lagi untuk tidak berpartisipasi dalam tax amnesty ini, selain menguntungkan, cara mengikuti amnesti pajak ini juga tidak terlalu sulit.

Author: Kangdamar

Cool and Calm

Leave a Reply

Your email address will not be published.