Makanan Khas Jepang yang Perlu Diketahui

makanan khas jepang

Makanan Khas Jepang

Salah satu yang dicari wisatawan asing ke Jepang adalah makanan jepang yang enak-enak. Saat ini Negara Jepang sudah menjadi salah satu tujuan utama wistawan asing salah satunya masyarakat indonesia. Jepang merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak diwilayah Asia Timur dengan Tokyo sebagai ibukota negeranya. Sama seperti Indonesia, Jepang merupakan sebuah negara kepulauan. Pulau-pulau utama di Negara ini adalah pulau Hokkaido, Honshu, Shikoku dan Kyusu, pulau Honshu merupakan pulau terbesar di negara ini. Wilayah Jepang terdiri dari 80% pegunungan, hutan dan sisanya adalah pesisir pantai. Masyarakat jepang banyak tinggal di daerah pesisir pantai. Masyarakat jepang memilki cara sendiri dalam mengolah masakan jepang sehingga menghasilkan makanan jepang yang enak-enak.

Masakan jepang merupakan cara memasak makanan yang berkembang secara unik di Jepang. Bahan makanan yang untuk masakan Jepang diambil dari wilayah Jepang sekitarnya. Nihonshoku atau washoku merupakan sebutan makanan Jepang dalam bahasa Jepang. Cara memasak masakan jepang sebenarnya banyak menyerap dari negara-negara di Asia Timur dan negara Barat. Ciri khas makanan jepang, bahan-bahannya terdiri dari beras, sayuran dan kacang-kacangan yang merupakan hasil pertanian masyarakat ditambah dengan bahmakanan khas jepangan makanan hasil laut. Penggunaan penyedap alami juga merupakan salah satu cri khasnya. Penyedap makanan biasanya adalah sayur-sayuran yang memilki aroma harum yang diparut atau di potong-potong halus. Masakan jepang ini, sering dijadikan oleh-oleh khas Jepang oleh para wisatawan.

Saat berwisata ke Jepang jangan lupa menikmati wisata kuliner Jepang yang beraneka ragam. Bagi yang suka nonton doraemon dan nobita kue dorayaki mungkin sudah tidak asing lagi. Dorayaki berbentuk bulat dan didalamnya terdapat campuran madu sebagai bahan kue tersebut. Selain dorayaki ada juga kue mochi yang banyak pilihan warna seperti kuning, hijau, merah dan putih. Kue mochi banyak dijumpai saat perayaan mochitsuki. Rasa kue yang lembut saat memakannya menjadi kenikmatan tersendiri, namun lama kelamaan akan menjadi agak lengket karena bahan dasar kue ini adalah beras ketan. Makanan camilan lain adalah Takoyaki, merupakan makanan asli dari Kansai Jepang.  Takoyaki  berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5cm yang terbuat dari tepung sagu dengan isi ditengahnya gurita. Takoyaki banyak dijual dalam bentuk set di pinggir jalan, setiapa setnya terdiri dari 5-10 buah takoyaki. Plastik untuk membungkus takoyaki dibuat unik seperti perahu.

Dua jenis kue diatas sudah membuat kita tergiur akan makan jepang yang enak-enak. Jika jenis kue hanya sebagai cemilan saat berwisata kuliner, maka ada jenis makanan lain yang dapat kita jumpai untuk mengenyangkan perut. Sushi merupakan makanan paling terkenal dari Jepang. Bahan utama sushi adalah nasi yang dibentuk gulungan menjadi satu dengan berbagai macam makanan laut, sayuran atau daging mentah maupun daging yang dimasak. Makanan mie khas jepang satu ini juga ajib di coba saat kita ke Jepang. Ya, mie soba yang terbuat dari tepung gandum kuda. Kalau biasanya mie yang telah direbus langsung disajikan makalain halnya dengan mie soba. Setelah direbus mie soba di cuci dengan air lalu didinginkan dengan mencelupnya ke dalam kuah. Anjuran memakannya, silahkan menyerup hingga bersuara, hal ini dianggap sebagai pujian kepada juru masak kalau miesoba buatannya sangat enak.

Makanan jepang memiliki daya tarik tersendiri, sehingga banyak pebisnis yang ingin mengambil keuntungan dari kuliner negera sakura ini. Makanan khas jepang menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan.

Author: Kangdamar

Cool and Calm

Leave a Reply

Your email address will not be published.