BAGAIMANA CARA MERAJUT BAJU YANG BAIK DAN BENAR

Hasil gambar untuk bagaimana cara merawat baju

Jakarta – Baju adalah keperluan inti kebanyakan orang. Tidak hanya berperan membuat perlindungan badan, baju sebagai fashion pernyataan serta bentuk ekspresi diri. Meskipun sebagian besar wanita suka mengumpulkan baju, tetapi tidak semua pahami langkah perawatan baju yang benar hingga baju sering cepat rusak atau warnanya menghilang.

Menjaga baju perlu ketelitian tertentu, tetapi bukan bermakna susah dikerjakan. Di bawah ini 13 langkah gampang untuk menjaga baju supaya bertahan lama, seperti diambil dari All Women Stalk.

1. Jangan Begitu Seringkali Dicuci

Sering membersihkan baju bermaksud jaga kebersihan malah akan mengakibatkan kerusakan serat baju serta melunturkan warna asli baju. Bila baju yang sudah dipakai belum begitu kotor atau berbau, semestinya tak perlu dicuci, khususnya jeans atau baju memiliki bahan tebal yang lain. Untuk membunuh kuman, jemurlah seputar 2-3 jam dibawah cahaya matahari.

2. Pisahkan Baju

Sebelum membersihkan, yakinkan Anda memisahkan dulu baju kotor sesuai warnanya sebab beberapa baju bisa luntur (khususnya warna gelap). Langkah paling baik untuk membersihkan baju ialah mendahulan yang berwarna putih, lalu baju berwarna jelas yang semacam, serta paling akhir baru bersihkan baju berwarna gelap. Selain itu, janganlah lupa memerhatikan tingkat kelembutan baju sebelum Anda mencucinya.

3. Pakai Air Dingin

Membersihkan baju dengan air dingin ialah pilihan yang baik sebab tidak mengakibatkan kerusakan kain secepat air panas. Diluar itu, dengan memakai air dingin untuk membersihkan baju karena itu Anda pun mengirit daya.

4. Pemutih Ramah Lingkungan

Pemutih baju bukan sekedar beracun buat manusia, tetapi beresiko buat lingkungan serta membuat ketebalan kain cepat tipis. Jadi substitusinya, coba merendam baju di air panas yang digabung dengan baking soda.

5. Jauhi Kehancuran Waktu Membersihkan

Ada banyak hal yang perlu Anda lihat waktu membersihkan baju memakai mesin pencuci. Yakinkan tutup rapat retsleting celana atau jaket supaya tidak rusak waktu mesin bekerja. Bila Anda membersihkan bra yang ditempatkan dalam kantung jala, janganlah lupa untuk mengaitkannya terlebih dulu supaya tidak tersangkut di baju lain.

6. Menjaga Baju Memiliki bahan Lembut

Ada beberapa macam baju yang benar-benar lembut hingga tidak bisa dicuci memakai mesin pencuci, diantaranya baju dalam yang perlu dicuci memakai tangan. Tetapi bila harus terpaksa mencucinya memakai mesin pencuci, masukan dalam kantung jala atau stocking yang tidak terpakai untuk memisahkan dari baju yang lain.

7. Sebisa Mungkin Keringkan Dengan Alami

Panas yang dibuat pengering baju bisa mengakibatkan kerusakan baju bila Anda memakainya pada baju yang masih basah. Maka sedapat mungkin keringkanlah baju dengan alami dengan menjemurnya dibawah cahaya matahari.

8. Gantung Baju Sekedarnya

Yakinkan Anda menggantung baju yang semestinya digantung serta melipat baju yang semestinya dilipat. Menggantung semua baju cuma akan membuat baju Anda jadi cacat serta kusut dan membuat almari Anda kelihatan sempit.

9. Taruh Baju Dengan Baik

Waktu bertukar musim serta ingin menaruh baju lama Anda, pakailah kotak penyimpanan yang membuat perlindungan baju dari ngengat, debu, kotoran, serta hal yang lain yang bisa mengakibatkan kerusakan baju Anda. Tempatkan kotak penyimpanan dalam tempat yang sejuk untuk menghindarkan jamur serta pergantian warna. Anda dapat juga memberikan tambahan pengharum baju supaya baju masih bau enak sepanjang disimpan di kotak.

10. Pakai Baju Sesuai dengan Peranan

Cocokkan baju dengan pekerjaan yang akan Anda kerjakan untuk menghindarinya dari kehancuran. Gunakan baju resmi serta rapi untuk kerja atau pergi dengan rekan-rekan. Sedang waktu akan beraktivitas luar ruang yang aktif, pakailah baju yang tidak Anda hiraukan bila jadi kotor atau robek.

11. Benahi Secepat-cepatnya

Jangan menanti kelamaan hingga kemudian kehancuran yang berada di baju membuat tidak dapat dipakai . Benahi secepat-cepatnya bila ada kehancuran kecil pada baju Anda seperti kancing yang hilang, robekan kecil, atau ritsleting yang rusak.

12. Berhati-hati dengan Benda di Seputar

Hati-hatilah pada kuku tajam, pojok meja, atau permukaan kasar yang bisa mengakibatkan kerusakan baju Anda. Diluar itu, faktor kimia seperti minyak wangi, hairspray, deodorant, atau keringat dapat mengakibatkan pergantian warna baju.

13. Check Panduan Perawatan

Ketentuan basic untuk bikin baju lebih bertahan lama ialah mengecek panduan perawatan sebelum mencucinya. Bahan kain yang berlainan mempunyai keperluan semasing dalam perawatannya karenanya pastikanlah membaca terlebih dulu cap panduan perawatan yang biasanya berada di semua baju. Konveksi jogja

(hst/hst)

Sumber : https://wolipop.detik.com/home/d-2031426/13-cara-mudah-merawat-pakaian-agar-tahan-lama

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *