JENIS SERAGAM YANG WAJIB ANDA KETAHUI

Definisi seragam sendiri adalah seperangkat standar yang dibuat khusus dalam hal desain atau warna. Dan diproduksi dengan jumlah besar atau jumlah sedikit. Ada banyak tempat-tempat yang bisa membuat seragam. Jenis pakaian yang satu ini banyak dipakai oleh organisasi ketika melakukan aktivitas. Pakaian yang satu ini pertama kali dipakai oleh Legiun Sparta Yunani Kuno. Meskipun bukan seragam tetapi mereka sadar bahwa hal itu adalah pakaian seragam. Setelah itu Kerajaan Romawi memperkenalkan seragam militer. Dan meskipun tidak ada batasan dalam penetapan pakaian seragam. Namun untuk mendapatkan seragam berkualitas ini tentunya harus memperhatikan banyak hal penting. Seperti seragam harus melindungi pemakaiannya, harus memiliki kualitas tinggi, harus nyaman ketika dipakai dan masih banyak lainnya.

5 Jenis Seragam Yang Perlu Anda Ketahui

Berdasar desain dan fungsinya, ada banyak sekali jenis seragam yang bisa dibuat. Diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Seragam sekolah

Merupakan pakaian yang biasanya dipakai oleh anak-anak saat menempuh ilmu. Di negara lain, pemakaian seragam sekolah ini kadang dipakai kadang tidak. Namun di Indonesia, pemakaian seragam sekolah sangat penting. Alasannya adalah untuk kesetaraan sosial dan menjadi identitas sebuah instansi pendidikan itu sendiri. Dalam pembuatannya, bisa memanfaatkan berbagai jenis bahan kain. Seperti bahan katun, oxford dan TC untuk atasannya. Sedangkan untuk bawahannya bisa memakai bahan drill.

  1. Seragam Olahraga

Pakaian seragam sebagai kostum olahraga pertama kali dimulai di negara Inggris pada abad ke-18. Yang mana dipakai sebagai simbol identitas sekaligus pembeda antara club satu dengan lainnya. Seiring dengan perkembangan zaman, seragam bola ini menjadi kebanggaan bagi pemain dan fans. Selain bisa dimanfaatkan untuk kostum bola. Nyatanya seragam olahraga ini bisa dipakai untuk kegiatan olahraga lainnya. Seperti voli, basket, tenis meja, dan masih banyak lainnya.

  1. Seragam militer

Adalah pakaian seragam yang biasanya dipakai oleh para tentara. Pakaian ini mulai masuk saat zaman penjajahan. Dengan memakai seragam militer ini maka bisa membedakan mana kawan dan mana lawan. Seragam militer sendiri memiliki banyak variasi motif dan warna tergantung satuan tugas serta kesempatan pemakaiannya. Diantaranya ada seragam TNI AD, TNI AU, dan TNI AL.

  1. Seragam kantor

Sesuai namanya, tentunya seragam ini dipakai ketika bekerja yang dipakai oleh karyawan sebuah perusahaan. Pemakaian seragam kantor ini juga sebagai identitas perusahaan. Selain itu juga bisa dijadikan media promosi tidak langsung. Agar pakaian ini nyaman ketika dipakai, maka harus memilih bahan pembuatan terbaik. Untuk bahan kainnya sendiri bisa memanfaatkan bahan drill, polyester, katun, dan jenis bahan kain lainnya.

  1. Seragam PDL dan PDH

Jenis seragam ini sering dipakai oleh ABRI, TNI, POLRI, Security, PNS, Satpol PP dan lainnya ketika melakukan tugas. Fungsi seragam ini tidak lain juga sebagai identitas untuk mempermudah masyarakat dalam membedakannya. Untuk seragam PDL dan PDH sendiri memiliki perbedaan. Namun kedua jenis seragam ini sama-sama memakai jenis bahan kain Drill. Tetapi juga bisa memanfaatkan beberapa jenis bahan kain lain dalam pembuatannya. Seperti bahan polyester, twill cotton, canvas dan lainnya.

Itulah beberapa jenis seragam yang perlu anda ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan. Dengan mengetahui beberapa jenis seragam ini maka anda tidak akan kesulitan untuk memilih seragam mana yang akan dipesan. Semoga artikel ini bisa membantu anda.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *