Jenis Tinta Yang Digunakan Dalam Sablon

Sablon adalah cara terbaik untuk membuat barang-barang promosi yang efektif dan tahan lama seperti tas, t-shirt, bendera, spanduk, dan banyak lagi. Namun, penting untuk menggunakan jenis tinta yang tepat untuk mendapatkan hasil terbaik. Tinta yang digunakan untuk sablon lebih kental dari tinta standar dan memiliki berbagai sifat lain untuk memenuhi tuntutan dan harapan yang berbeda dari proses penyaringan sutra. Tinta yang paling umum digunakan untuk penyaringan sutra adalah tinta Plastisol berbasis minyak, suede berbasis air, pelepasan, dan tinta yang meluas. Orang-orang yang tertarik dengan tinta yang lebih ramah lingkungan dapat menggunakan jenis bebas PVC dan Phthalate.

Tinta Plastisol

Kebanyakan orang yang terlibat dalam sablon cenderung menggunakan tinta Plastisol. Tebal, tahan lama, serbaguna, dan memberikan detail grafis yang jelas. Tinta Plastisol juga mudah dicampur, tahan lama, tersedia luas, tersedia dalam beragam warna, dan bekerja dengan baik dengan berbagai metode, peralatan, dan desain sablon. Itu juga bisa tetap di layar untuk jangka waktu yang lama tanpa mengering. Jenis kepadatan tinggi tinta ini mencegah melengkung dan viskositasnya yang rendah memungkinkannya untuk bekerja dengan baik dengan cetakan yang lebih lembut. Ini juga memberikan hasil akhir yang mengkilap dan datar. Tinta Plastisol membutuhkan panas untuk mengeringkannya.

Tinta Berbasis Air

Beberapa orang lebih suka tinta berbasis air karena menyerap ke dalam serat kain yang digunakan daripada duduk di atasnya seperti yang dilakukan Plastisol. Ini memberikan hasil cetak layar lebih lembut dibandingkan dengan yang dibuat menggunakan tinta Plastisol. Beberapa orang menemukan itu memberikan kesan cetak yang lebih solid juga. Plus, tinta berbasis air mudah digunakan bahkan untuk printer tanpa banyak pengalaman atau keterampilan. Namun, perlu waktu lebih lama untuk mengering dalam kondisi lembab dan mungkin memerlukan penggunaan sumber panas. Jenis tinta ini semi-transparan dan mungkin memerlukan pencocokan warna khusus untuk menghasilkan tampilan yang seragam di seluruh pakaian. Mungkin juga membutuhkan layar mesh count tinggi dan retarder untuk mencegah banjir desain.

Tinta Pelepasan

Tinta pelepasan tersedia dalam tipe Plastisol dan berbasis air. Saat menggunakan tinta buangan, tinta menghilangkan warna kain pada area yang digunakan dan menggantinya dengan pigmennya. Ini menjadikan tinta pelepasan menjadi pilihan populer bagi orang yang bekerja dengan kapas 100%. Hal ini diperlukan untuk menggunakan sumber panas agar kain sutra disaring dengan tinta debit untuk sepenuhnya menyembuhkan. Menggunakan jenis tinta ini memang membutuhkan tingkat keahlian yang cukup tinggi.

Check juga : konveksi kaos jogja dan buat kaos polo jogja

Jenis tinta yang harus Anda pilih untuk sablon tergantung pada sejumlah faktor. Ini termasuk jenis aplikasi, batasan ruang, masalah lingkungan, batasan ekonomi, dan tujuan akhir Anda. Tinta berbasis air telah meningkat popularitasnya karena reputasinya yang ramah lingkungan. Tinta Plastisol baru sedang dikembangkan agar juga aman bagi lingkungan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang proses sablon, atau jika Anda ingin mendiskusikan pesanan, hubungi Amanah Garment Jogja.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *